Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menyaksikan Super Blue Blood Moon

Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menyaksikan Super Blue Blood Moon

Menurut BMKG pada tanggal 31 Januari 2018 masyarakat dunia akan menyaksikan sebuah fenomena alam yang langka. Dinamakan fenomena Super Blue Blood Moon. Fenomena ini merupakan gabungan dari 3 fenomena alam yang terjadi secara bersamaan. Diantaranya yaitu Blue Moon, Super Moon dan Total Lunar Eclipse ( Bulan Biru, Bulan Super Besar dan Gerhana Bulan Total).

Supermoon sendiri artinya posisi bulan berada di posisi paling terdekat dengan bumi. Fenomena ini memang jarang terjadi, pada saat itu nantinya kamu akan menyaksikan bulan akan terlihat 14 %  lebih besar dan memiliki cahaya 30 %  lebih terang dari biasanya. Peristiwa yang akan terjadi besok ini sangat spesial karena selain tampak lebih besar kejadian ini juga merupakan bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan Januari 2018 atau disebut Blue Moon dan juga karena terjadinya berbarengan dengan gerhana bulan total.

Nah untuk kamu yang penasaran sebaiknya sebelum menyaksikan fenomena yang menakjubkan ini kamu harus ketahui beberapa hal sebagai berikut :

1. Apa itu Super Blue Blood Moon?

Super blue Blood Moon adalah fenomena yang sangat langka. Setelah 152 tahun, lebih tepatnya pada tanggal 31 Maret 1866 terjadi fenomena alam yang langka kombinasi antara fenomena Total Lunar Eclipse dan Blue Moon yang terjadi bersamaan. Nah yang spesial besok tanggal 31 Januari 2018 yang akan terjadi adalah fenomena Super Blue Blood Moon yang merupakan gabungan dari 3 fenomena alam sekaligus.

super blood moon Indonesia

super blood moon Indonesia

2. Kapan waktu terjadinya fenomena Super Blue Blood Moon?

Proses gerhananya sendiri dimulai sejak matahari terbenam yakni sekitar pukul 18:48 WIB hingga tengah malam. Puncak  terjadinya gerhana bulan total pada pukul 20.31 WIB. Selama kurang lebih 1 jam 16 menit gerhana bulan total ini akan berlangsung.

super blood moon Indonesia

super blood moon Indonesia

3. Lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan total

Di Indonesia memiliki tempat-tempat yang terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini yakni Bandung, Sumedang, Garut, Pasuruan (Jawa Timur), Biak (Papua), Pontianak (Kalimantan Barat), dan Bukittinggi (Sumatera Barat).

Selain Indonesia Super Blue Blood Moon juga bisa dilihat di belahan bumi lain misal : Amerika Serikat bagian barat, Benua Australia, Benua Asia dan di beberapa tempat di belahan bumi bagian timur lainnya.

4. Apakah bisa di lihat tanpa menggunakan alat bantu?

Jika kamu ingin menikmati fenomena alam yang menakjubkan ini kamu bisa melihatnya hanya dengan mata telanjang tanpa  harus menggunakan teleskop. Namun jika ingin melihat lebih detail barulah kamu bisa menggunakan teleskop sebagai alat bantu.

A composite of 12 pictures shows a full lunar eclipse over the skies in Hefei, Anhui province December 10, 2011. The moon turns red as the shadow falls on it during the eclipse. Picture taken December 10, 2011. REUTERS/Stringer (CHINA – Tags: ENVIRONMENT TPX IMAGES OF THE DAY)

5. Akibat fenomena ini akan terjadi pasangnya air laut

Selain membuat pemandangan langit besok menjadi lebih menarik, Super Blue Blood Moon memberikan dampak lain salah satunya adalah terjadinya pasang air laut. Menurut BMKG pasang air laut bisa mencampai maksimum 1,5 meter dipesisir dan pelabuhan.

 

Tags:

No tags found.
devco Figure

devco