Tips Backpackeran Aman Bagi Pemula

Tips Backpackeran Aman Bagi Pemula
Table of contents

    Era masa kini backpacker nampaknya sudah menjadi hal biasa. Dengan banyaknya promo-promo liburan yang ditawarkan dan sistem informasi yang berkembang pesat banyak tempat wisata baru yang dibuka untuk umum. Buat kamu yang baru ingin memulai petualangan kamu bisa terapkan beberapa tips backpacker yang aman , seperti dibawah ini :

     

    1. Cari informasi tentang transportasi dan akomodasi.

     

    Pencarian informasi tentang transportasi dan akomodasi apa yang nantinya akan digunakan ini cukup penting karena dari sini kamu dapat memprediksi apa saja yang harus dilakukan dan kapan saja waktu yang tepat untuk berkunjung. Beberapa traveller nekat melakukan perjalanan tanpa mempunyai informasi apapun tentang hal-hal seperti ini dan akhirnya mereka tersesat atau bahkan sialnya lagi mereka kehabisan uang ditengah jalan karena perencanaan yang tidak matang.

    Perlu diketahui bahwa beberapa tempat dipelosok Indonesia untuk angkutan umumnya tidak beroperasi 24 jam. Atau bahkan tidak ada kenderaan sama sekali untuk menuju ketempat tujuan. Syukur-syukur nantinya kamu bisa bertemu dengan orang yang akan memberi tumpangan atau tempat menginap secara cuma-cuma namun kondisi seperti ini tidak selalu ada. klo kalian pemula kalian bisa mencoba backpacker ke kota-kota terdekat, seperti backpacker ke kota bandung.

     

    2. Membuat jadwal perjalanan

    Bagi para backpacker prinsip utamanya yaitu melakukan perjalanan yang murah atau bahkan gratis adalah hal utama. Membuat jadwal perjalanan memberi kita kesempatan untuk lebih cerdas lagi dalam mengatur pengeluaran uang dan efesiensi waktu apalagi untuk para pejuang weekend yang harus melakukan perjalanan yang terbatas dengan waktu libur di akhir pekan. Jika perjalanan lancar dan bisa pulang tepat waktu itu hal yang menyenangkan karena liburan berjalan sukses.

    banyak destinasi keren yang berdekatan, pastikan kalian membuat jadwal yang pas. contoh nya area sekitar kota tua jakarta , banyak museum-museum keren yang lokasinya berdekatan yang bisa kalian tempuh dengan berjalan kaki.

     

    3. Packing barang

    Bawalah baju ganti dan perlengkapan pribadi sesuai kebutuhan, diusahakan seefesien mungkin jadi kurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan nantinya. Mengurangi barang bawaan juga ada baiknya , kamu jadi bisa lebih nyaman melakukan perjalanan tanpa harus capek-capek membawa tas yang beratnya berlebih. jadi pastikan lakukan persiapan packing barang yang tepat ya.

     

    4. Beri tahu orang tua atau orang terdekatmu

    Karena pada kali ini kamu akan melakukan perjalanan sendiri dan pergi ketempat yang mungkin jarang dikunjungi, penting memberi tahu kepada orang tua atau orang terdekatmu agar mereka tau tujuan perjalannmu kemana saja. Jika ada hal-hal yang terjadi luar dugaan ini bisa sedikit membantu.

     

    5. Hafalkan nomor telepon darurat

    Sebaiknya kamu menyimpan atau jika perlu kamu hafal beberapa nomor telepon  penting misal : polisi dan orang terdekatmu, ini penting karena bisa membantumu saat terjadi sesuatu misal handphonmu hilang.

     

    6. Ramahlah kepada warga sekitar

    Berpergian di tempat yang baru kita kunjungi tidak semua kita bisa pastikan, salah satu inisiatif yang bisa kamu lakukan ketika sesuatu hal buruk terjadi kamu bisa memanfaatkan warga sekitar. Beramah tamahlah maka mereka akan senantiasa memberi pertolongan.

     

    7. Persiapkan kondisi fisik dan mentalmu

    Berpetualang memang menyenangkan dan juga melelahkan. Aktivitas ini menuntut kondisi fisik kamu agar lebih prima dan mental yang tangguh agar lebih berani menjalani sesuatu yang baru. Sangat disayangkan juga rasanya jika harus sakit pada  saat liburan. Seringlah berolahraga minimal beberapa minggu sebelum waktu liburan membantu tubuh kamu menjadi lebih sehat dan lebih kuat untuk melakukan perjalanan jauh.

     

    8. Jangan gunakan perhiasan yang mencolok

    Yang terakhir agar liburanmu lebih aman  ada baiknya kamu menyimpan sementara perhiasanmu karena dikhawatirkan akan terjatuh ataupun bisa mengundang kejahatan bagi orang yang melihatnya.

     

     

     

     

     

    Tags:

    No tags found.
    devco Figure

    devco